Social Icons

Kepanduan Dunia

Gerakan Kepanduan merupakan gerakan pendidikan sukarela non-politik bagi kaum muda, terbuka untuk semua tanpa membedakan jenis kelamin, asal-usul, ras atau keyakinan. Kepanduan menawarkan kaum muda kesempatan untuk mengembangkan potensi emosional, intelektual, fisik dan spiritual, sebagai warganegara global yang bertanggungjawab, serta sebagai anggota dari komunitas lokal, nasional dan internasionalnya.



Organisasi Gerakan Kepanduan tingkat dunia, “Kepanduan Dunia”/ ”World Scouting”, dijalankan oleh Organisasi Gerakan Kepanduan Dunia/World Organization of the Scout Movement (WOSM)

WOSM merupakan organisasi mandiri, non-politik dan non pemerintah yang terdiri dari 161 Organisasi Kepanduan Nasional/National Scout Organization (NSO). NSO-NSO ini tersebar di 223 negara dan wilayah di seluruh dunia. Dengan lebih dari 40 juta anggota dalam setiap satu juta Kelompok Pandu komunitas setempat, WOSM merupakan gerakan kaum muda terbesar di dunia.

Kurang lebih sekitar tujuh juta anggota WOSM merupakan anggota dewasa sukarela yang mendukung kegiatan-kegiatan lokal. Melalui kepemimpinan antar kawan sebaya dan dengan didukung oleh anggota dewasa, tiap Kelompok Pandu lokal menganut seperangkat

nilai yang sama seperti yang digambarkan dalam Trisatya dan Dasadarma. Masing-masing dari satu juta Kelompok Pandu lokal mengikuti sistem yang sama atas pendidikan non-formal yang disesuaikan dengan aspek-aspek keunikan komunitas setempat mereka.

Tujuan

Tujuan WOSM adalah untuk mempromosikan persatuan dan pemahaman tujuan serta prinsip-prinsip Kepanduan, seraya memfasilitasi perluasan serta pengembangannya. Yang menjadi bagian dari WOSM adalah Konferensi Kepanduan Dunia/World Scout Conference, Komite Kepanduan Dunia/World Scout Committee dan Biro Kepanduan Dunia/World Scout Bureau.

No comments:

Post a Comment