Social Icons

Aktivis Pramuka Jangan Harapkan Jabatan

Brebes, CyberNews. Aktivis pramuka yang mengabdi di kwartir cabang maupun kwartir ranting (kwarran), jangan memanfaatkan pramuka sebagai batu loncatan untuk mendapatkan pamrih jabatan tertentu. Penegasan tersebut disampaikan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Brebes, H Agung Widiyantoro SH MSi saat membuka Rapat Kerja Cabang (Rakercab) 2011 Kwarcab 11.29 Brebes, Minggu (13/3).

Agung yang juga Wakil Bupati Brebes memberikan kritik aktivis pramuka yang telah mendapatkan apa yang ditargetkan, kemudian tidak lagi aktif di kegiatan kepramukaan. "Kalau sudah menjadi kepala sekolah, jangan kemudian nglokro. Tapi harus menunjukan peningkatan kegiatan pramuka di gudepnya," pinta Agung.

Kepala sekolah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) wajib mendukung kegiatan Pramuka. Karena pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan Indonesia yang terbukti telah mampu menjaga moral generasi muda dan kokohnya nasionalisme.

Menurut dia, pramuka juga merupakan pendidikan non formal yang terintegral dalam sistem pendidikan nasional.
Agung mengatakan, tidak ada alasan bagi kepala sekolah yang tidak menggiatkan kepramukaan di gudepnya. Apalagi dengan alasan klasik berupa kurangnya pendanaan.

Pasalnya, pramuka telah ada nomenklatur pengalokasian dana, baik lewat bantuan operasional sekolah (BOS) maupun APBD. "Pramuka juga dapat mencari sponsor dari pihak ketiga yang tidak mengikat. Banyak sponsorship yang siap mendanai," katanya.

Dia mengatakan akan memberikan reward (penghargaan) kepada kepala sRekolah yang telah membuktikan aktivitasnya. Reward tersebut diberikan bagi sekolah-sekolah dan kepala sekolah yang pramukanya aktif. "Kami akan memberikan reward maksimal," janji Agung.

Dikatakan, meskipun menjadi pramuka tidak dilandasi keinginan untuk mendapatkan sesuatu dari organisasi. Tapi dengan reward mudah-mudahan menjadi penyemangat bagi penyelenggara kegiataan kepramukaan di segala tingkatan gudep dan kwartir.

Ketua panitia Rakercab Dr H Angkatno SH MPd mengatakan, kegiatan ini diikuti andalan Kwarcab dan utusan kwarran se Kab Brebes. Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan kualitas organisasi secara komprehensif. "Rakercab, juga sebagai ajang mengevaluasi dan mencari solusi program kerja Kwarcab Brebes," tambahnya.

( Wahidin Soedja / CN26 / JBSM )

No comments:

Post a Comment